WHAT'S NEW?
Loading...

Sensasi Snorkling Di Umbul Ponggok

Destinasi terakhir kami selama di Jogya adalah Solo. Dari Jogya ke Solo memakan waktu kurang lebih 5 jam. Selama perjalanan kami ditawari mampir ke wisata lokal di daerah Klaten, Jawa Tengah, Umbul Ponggok. Umbul Ponggok merupakan salah satu wisata bunaken lokal(kata sebagian orang) tempat untuk snorkling air tawar terbaik di Indonesia (kalau yang ini aku baru tau, baru sekali ketempat ini :D)

Wisata ini sebenarnya tidak termasuk agenda kami, namun tak ada salahnya mencoba sensasi Snorkling Di Umbul Ponggok. Tempat ini tidak hanya untuk snorkling tapi juga untuk diving. Karena ini wisata lokal punya, maka tak heran jika pengunjungnya juga dari daerah setempat, tapi ada juga loh yang dari jauh-jauh datang kesini termasuk aku :).

Di tempat ini tersedia fasilitas untuk melakukan penyelaman baik snorkling maupun diving. Tinggal mendaftar dengan KTP dan membayar sewa alat, kita dapat langsung terjun ke air. Karena aku masih junior jadi mas ku yang menyewakan kami alat snorkling heheh.


Snorkling merupakan kegiatan berenang dan menyelam menggunakan masker selam dan snorkel (kacamata dan pipa untuk bernapas), life vest(alat pelampung) serta fin (sepatu katak) untuk membantu daya dorong di bawah air agar kita dapat melihat pemandangan dibawah air, lebih tepatnya hanya sekedar di permukaan air. 

Sedangkan diving(Scuba Diving) hampir sama seperti snorkling, hanya saja alat dan kedalaman air yang dicapai berbeda. Alat tambahan untuk melakukan diving harus menggunakan rompi apung, regulator, tabung udara, pemberat + belt nya. Untuk melakukan kegiatan diving sebaiknya didampingi oleh yang ahli.






Selain menyewa alat selam, terdapat juga sewa lainnya seperti kamera underwater, yang kalau kita pakai kamera tersebut dibawah air maka hasilnya memuaskan... Atau bisa juga kita minta diabadikan melalui petugasnya. Bagi yang suka menyelam sampai dasar air, kita bisa minta ditemenin diving sama penyelamnya yang sudah terlatih trus minta difotoin deh. Sayangnya waktu kami cuma terbatas, jadi aku hanya keliling permukaan air saja sambil ngejar-ngejar ikan hias. Karena airnya berasal dari sumber mata air, maka jika lama-lama terasa dingin menggigil. Brrrr.. keluar dari air aku langsung cari makanan hangat.

0 komentar:

Posting Komentar